Studi Islam Al-Amin

Cerdas, Sholeh, Profesional

Selasa, 05 Maret 2013

Meraih Empat Kemenangan

  • KEMENANGAN ke-1 adalah saat kita BANGUN PAGI
  • KEMENANGAN ke-2 adalah saat kita SHALAT TAHAJUD
  • KEMENANGAN ke-3 adalah saat kita SHALAT SUBUH berjamaah
  • KEMENANGAN ke-4 adalah saat kita SHALAT DHUHA

Saat terbangun di 1/3 malam, kita berhak merayakan kemenangan. Karena setan sudah bisa kita lumpuhkan satu kekuatannya -saat kita memuji Allah. Babak pertama pun kita menangkan. Saat kita menunaikan shalat Malam, setan kalah di babak kedua. Tiga ikatan yang semula ia pasang di kepala kita sudah terurai. Bila kita juga mendatangi shalat Subuh berjamaah, setan semakin terdesak posisinya. Terlebih bila kita tutup pagi dengan shalat Dhuha. Cukuplah kita berbagahia dan merasa menang, lantaran bisa mengalahkan setan di awal hari yang kita lalui.

Rasulullah saw bersabda, yang artinya, "Pada waktu seseorang tidur, setan membuat tiga buah simpul dikapalanya. Untuk setiap simpul ia mengatakan: "Tidurlah engkau sepanjang malam". Ketika dia terbangun, lalu dia menyebut nama Allah, maka lepaslah satu simpul. Jika ia berwudhu, lepas pulalah satu simpul. Dan jika dia shalat, terbukalah seluruh simpul. Maka, waktu bangun pagi ia akan merasa penuh semangat dengan badan yang segar bugar. Jika tidak, dia akan bangun pagi dengan perasaan serba tak enak dan malas." (HR. Bukhari)



Bangun Pagi itu Dahsyat!
Karena hanya manusia pilihan yang bersedia melakukannya. Saat manusia lain sedang tidur, para manusia pagi sudah menghadap Rabbnya. Ia merelakan dirinya berdekat-dekat dan berlama-lama dengan Tuhannya. Bangun pagi juga baik untuk kesehatan diri. Pikiran masih segar untuk belajar. Selain itu, waktu pagi juga menyimpan rahasia rezeki.

Shalat Tahajud itu Dahsyat!
Karena tidak semua orang mau dan tergerak melakukannya. Mungkin ia terbangun saat itu, namun yang menggerakkan dirinya untuk shalat Tahajud itu adalah Allah. Maka, bila kita diberikan hati yang rindu bahkan mencintai shalat Tahajud, bersyukurlah. Banyak keutamaan yang diberikan. Waktu sahur adalah saat istimewa untuk pengabulan doa sekaligus pengampunan dosa. Ada efek medis atau kesehatan juga.

Shalat Subuh itu Dahsyat!
Bagaimana tidak dahsyat? dua rakaat shalat Fajarnya -dua rakaat sebelum subuh- saja nilainya lebih baik dari dunia seisinya. Saat itu malaikat juga menyaksikannya. Nilainya sama dengan shalat malam sepenuh malam. Selain itu Allh juga menjanjikan surga bagi pelakunya.

Shalat Dhuha itu Dahsyat!
Shalat Dhuha dua rakaat mampu menggantikan 360 sedekah yang harus dillakukan oleh ruas tulang kita. Dan memang benar kalau orang yang shalat Dhuha adalah orang kaya, kok bisa? Jelas! Karena orang yang shalat Dhuha laksana bersedakah 360 kali. Siapa yang mampu bersedekah sebanyak itu kalau bukan orang kaya? Shalat Dhuha empat rakaat juga dahsyat untuk mengoptimalkan rezeki sesuai janji-Nya. Sebagaimana beliau Rasullullah saw bersabda, "Allah Azza wa Jalla berfirman, yang artinya: "Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan 4 rakaat pada permulaan siang (yakni shalat Dhuha), nanti akan Ku cukupi kebutuhanmu pada sore harinya." (HR. Hakim)

Bila kita berhasil bangun pagi, berhasil mengerjakan shalat Tahajud, berhasil shalat Subuh berjamaah, dan berhasil menunaikan shalat Dhuha, maka empat kemenangan sudah kita raih. Namun jangan lengah, karena setan masih berkesempatan untuk menggelincirkan kita pada waktu berikutnya.

Pertarungan demi pertarungan akan kita sikapi. Jangan sampai hanya menang di awal hari, namun kalah i penghujungnya. Ibarat menang saat mendahului start, namun kalah di finish-nya.

Semoga Allah, memberikan kekuatan kepada kia semua dalam menjalani hari-hari ini. Sisa hari yang merupakan detik-detik atau langkah-langkah menuju kematian kita.
Wallahul Musta'an.

0 comments:

Poskan Komentar